Mengajari Si Kecil menyikat gigi teratur sangatlah penting. Jika terlambat untuk membiasakan hal ini maka akan menyebabkan dampak jangka panjang yang menghambat kesehatan gigi Si Kecil. Juniors dapat mengamati gigi Si Kecil, apabila terdapat karies gigi, maka ini juga bisa menjadi pertanda bahwa ia masih kurang menjaga kebersihan giginya.

Baca Juga: Speech Delay Yang Menjadi Perhatian Orangtua

Kapankah waktu yang tepat untuk mulai membiasakan Si Kecil?

Kebiasaan ini dapat Juniors contohkan sejak ia masih belum tumbuh gigi. Biasakanlah untuk membersihkan gusinya dari sisa makanan, ini penting karena bakteri yang menempel di gusi bisa saja menyerang kesehatan gusinya yang merupakan tempat giginya tumbuh kelak.

Bagaimana cara membersihkannya?

Gunakanlah kain lembut atau sikat gigi khusus anak-anak, Juniors dapat dengan mudah menemukannya di minimarket. Bersihkanlah dari bagian dalam ke luar sisi dari gusi. Bila perlu, Juniors juga dapat mencontohkan untuk membersihkan lidah yang dapat ia tiru.

Memilih alat kebersihan gigi

Jika Si Kecil masih berusia di bawah 24 bulan, gunakanlah pasta gigi non-fluoride yang dapat kita temukan di kemasannya. Gunakan sikat gigi tersebut sebesar biji jagung pada sikat giginya. Selain sikat gigi, kita juga perlu memilih alat yang tepat sesuai usianya seperti flosser tanpa ujung yang runcing. Kadang kita harus memperhatikan produk mana yang ia sukai.

Waktu yang tepat untuk membersihkan gigi?

Seperti kita, ajarkanlah ia untuk membersihkan gigi seusai sarapan dan juga sebelum tidur. Saat kita tidur adalah masa yang cukup panjang sehingga perlindungan gigi adalah hal yang sangat utama.

Mengajak Si Kecil untuk mau menyikat gigi

Juniors dapat menggunakan banyak hal untuk mengajarinya sikat gigi. Lagu-laguan adalah hal yang paling sering digunakan, Juniors dapat mengajaknya menyikat gigi sebari menyanyikan lagu sehingga perhatiannya teralihkan. Untuk jangka panjang, buatlah semacam gim ringan seperti membuat gim mengatur tempo sikat gigi minimal dua menit dan rayakan bersamanya  sambil sesekali memberinya hadiah, tentu sangat menyenangkan!

Baca Juga: Yuk Kenali 5 Macam Cara Belajar Anak

Si Kecil sudah sebaiknya perlu untuk kita biasakan agar mau membersihkan giginya sejak dini karena ini akan ia bawa hingga ia dewasa kelak. Bagi Juniors yang kini baru akan memulai untuk mengajarkan sikat gigi pada anak, mungkin Juniors dapat melakukannya dengan baik dengan membaca informasi ini ya. Semangat! -KJ


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

top-margin:10px;