Beberapa waktu kebelakang kita cukup sering mendengar istilah love language. Bahasa Cinta mudahnya adalah cara seseorang mengekspresikan rasa cinta. Rasa cinta ini pun dapat memiliki makna yang lebih luas tidak hanya tetang hubungan romantis saja namun juga hubungan antara orangtua dan anaknya yang masih kecil.

Memahami bahasa cinta antara orangtua dan anak merupakan sebuah hal yang penting agar upaya bonding dapat lebih baik dan lebih sehat antara keduanya. Sebagai orangtua, kita sebaiknya mengerti bagaimana cara untuk menjelaskan rasa sayang kepada Si Kecil agar ia pun menangkap pesan cinta tersebut.

orangtua dan anak

Lima Jenis Love Language Anak yang Perlu Orangtua Ketahui!

Nah, untuk mulai memahaminya, berikut ada lima (5) bentuk love language yang penting untuk Pama Mama ketahui!

1. Sentuhan yang menyenangkan

Sesuai namanya, bentuk ungkapan sayang ini hadir dari sentuhan fisik langsung seperti pelukan, mengelus kulit ataupun sentuhan kecil lainnya. Umumnya saat orangtua memberikan sentuhan ini, ia akan merasa nyaman dan tenang. Nah, jika Si Kecil terlihat membalasnya dengan sentuhan lain atau menempel pada orangtua dengan lebih sering, bisa dikatakan bahwa jenis afeksi ini adalah bahasa cinta yang paling bisa mendeskripsikan Si Kecil!

2. Bahagia dengan pujian

Jenis Bahasa Cinta ini adalah jenis yang menggunakan kata-kata secara langsung antar orangtua dan anaknya. Memberikan pujian, perhatian atau mengungkapkan rasa sayang secara langsung pada Si Kecil adalah bentuk nyata dari Love Language ini. Contoh yang dapat dicoba adalah memuji Si Kecil dengan pakaian lucunya, atau menyemangatinya saat menghadapi tantangan dari permainan tertentu. Jika Si Kecil kemudian menjadi senang saat orangtua memujinya, kemungkinan besar itulah Bahasa Cinta Si Kecil yang paling tepat bagi orangtua agar ia dapat selalu bahagia saat bersama Papa Mama.

3. Membantunya menyelesaikan masalah

Papa Mama mulai menyadari bahwa Si Kecil sangat senang saat Papa Mama membantunya? Nah, mungkin saja ini adalah Bahasa Cinta yang penting bagi Si Kecil. Mendampingi Si Kecil dalam kesulitannya saat mengerjakan sesuatu adalah hal utama dalam Love Language anak yang satu ini. Namun, orangtua perlu berhati-hati karena jika terlalu banyak, justru akan membuatnya menjadi lebih manja dan malah terlalu bergantung dengan orangtuanya. Tetap bijak ya!

4. Hadiah sebagai apresiasi

Anak-anak dengan Bahasa Cinta ini akan merasa sangat senang ketika ia mendapatkan hadiah dari orangtuanya. Hadiah yang dimaksud adalah sebagai bentuk apresiasi ya, Moms! Tidak perlu memberikannya hadiah setiap hari ataupun dengan nilai barang yang mahal, berikan saja hadiah kecil namun sesuatu yang ia suka atas hal yang berhasil ia lakukan.

5. Waktu untuk bersama-sama

Bahasa Cinta ini terjadi dalam bentuk momen (waktu) untuk menghabiskan waktu bersama antara orangtua dan anaknya. Waktu itu dapat dilakukan untuk banyak hal seperti bermain, jalan-jalan atau, hanya sekadar mengobrol untuk mendengarkan apa yang sedang ia pikirkan. Jadilah pendengar yang baik di setiap saat untuknya karena jika Si Kecil benar-benar memiliki Bahasa Cinta ini, ia akan merasa sangat dicintai karena ia tau bahwa orangtuanya akan selalu ada baginya untuk menemani selalu.

Nah, tadi adalah kelima jenis Love Language Anak yang penting dan dapat Moms coba agar ia merasa benar-benar berarti bagi orang lain. Hal seperti ini tentu akan menjadi kenangan yang indah baginya saat ia beranjak dewasa kelak. Jadi, yang manakah tipe anak Mama? -KJ


2 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

top-margin:10px;