Melihat raut wajah Si Kecil yang ceria, riang dan lucu tentu akan sangat menyenangkan bagi Papa dan Mama. Anak yang ceria dan aktif menandakan bahwa ia memiliki potensi pribadi ceria sehat secara fisik maupun mentalnya. Hal inilah yang akan selalu akan dipertahankan oleh papa mama dengan melakukan apapun demi tumbuh kembangnya.

Tak hanya pada saat kecil saja, papa mama pastinya mengharapkan agar Si Kecil dapat terus tumbuh hingga memiliki kepribadian yang ceria. Orangtua lantas melakukan banyak hal seperti membelikan mainan, bermain atau memasak makanan favoritnya. Namun selain itu, masih ada beberapa hal lain yang dapat membuatnya tumbuh menjadi orang dewasa yang ceria. Yuk kita simak penjelasan di bawah ini!

si kecil yang ceria

Mengenal faktor pembentuk kepribadian Si Kecil

Gen yang diturunkan tentunya memiliki pengaruh dalam banyak hal dalam perkembangan salah satunya sifat kepribadiannya. Ada sebagian anak yang memiliki kecenderungan sifat optimistis dan penuh semangat namun di lain sisi ada juga mereka yang lebih kalem dan mudah terusik emosinya. Orangtua tentu harus mengenalinya terlebih dahulu, beberapa caranya adalah dengan memperhatikan beberapa hal di bawah:

  • Cara si kecil merespons sesuatu yang berasal dari pikirannya
  • Jenis karakter seperti keberaniannya, kejujuran atau potensi karakter pemimpin
  • Tindakan maupun kebiasaan bawaan dan aktivitas rutinnya.

Setelah memahami beberapa faktor yang harus dikenali dari Si Kecil, orangtua dapat membantunya untuk mengembangkan hal-hal tersebut ke arah perkembangan mentalnya. Berikut ialah cara agar Si Kecil dapat tumbuh dengan pribadi yang lebih ceria:

1. Mendorong Si Kecil untuk memiliki pola hidup sehat

Hal positif akan semakin baik apabila menjadi sebuah kebiasan. Hal-hal seperti pola hidup sehat, makan sehat dan olahraga teratur pasti akan membentuk kekuatan positif bagi Si Kecil apabila ia terbiasa melakukannya sampai dewasa nanti.

2. Tertawa adalah bukti keceriaan

Banyak sekali cara untuk membuat Si Kecil ceria. Tapi beberapa mungkin melupakan betapa pentingnya untuk selalu tertawa, yap, hal yang sangat mendasar.Sehingga untuk memastikannya tumbuh dengan penuh keceriaan, papa dan mama perlu sering mengajaknya tertawa. Beberapa cara seperti menggelitik badannya, bermain permainan kecil atau memasak sambil bercanda akan sangat membantu!

3. Ragam emosi yang harus dihadapi

Jika membentuknya untuk memiliki kepribadian yang ceria berarti tidak membolehkannya untuk bersedih, maka itu salah! Kita orang dewasa sekalipun tentu tau, seceria apapun kita pasti pernah merasakan kesedihan dan kekecewaan. Biasanya untuk kita orang dewasa akan lebih cepat mengatasi dengan mencoba mengakui kesedihan dan menerimanya. Hal inilah yang perlu untuk kita coba ajarkan pada Si Kecil seperti jika ia mainan kesukaannya rusak atau hilang. Biarkan saja ia menangis hingga ia merasa tenang dan hatinya kembali membaik.

4. Membangun lingkungan yang juga positif

Lingkungan juga memiliki pengaruh terhadap pembentukan pribadi Si Kecil. Konteks terdekat adalah dalam kehidupan di rumah. Karena akan berada selalu dengan papa dan mama, tentunya papa dan mama perlu menjaga situasi positif di rumah. Jangan tunjukan amarah atau suasana negatif apabila mama dan papa sedang “kurang baik” namun selesaikanlah secara empat mata. Hal berikutnya adalah dengan memberikan pujian-pujian kecil yang tentu akan membuatnya merasa dihargai, seperti jika ia membantu Mama mencuci dan ia mencuci bajunya sendiri.

5. Biarkan anak berimajinasi

Sudah menjadi hal umum bahwa Si Kecil pasti merupakan seseorang yang menuh imajinasi. Wajar karena ia ada dalam fase eksplorasi akan banyak hal di sekitarnya. Biarkan Si Kecil mengeksplorasi imajinasinya selama hal tersebut baik dan tentunya berada dalam pengawasan papa mama. Dengan begitu, ia akan menjadi lebih percaya diri dan mandiri sehingga ia akan menjadi bahagia dengan hal baru yang ia sukai.

6. Kontrol kecerdasan emosional

Hal yang sangat penting, karena kecerdasan emosional akan sangat berperan dalam prosesnya hingga menjadi seseorang yang dewasa. Biasakan ia untuk dapat mengendalikan diri dimulai dari hal-hal kecil seperti jika ia murung saat tidak diperbolehkan main ke luar rumah karena sedang hujan. Jelaskan padanya bahwa cuaca sedang tidak baik dan justru akan membuatnya sakit sehingga ia terlatih untuk mempertimbangkan risiko daripada keinginan yang bisa dipenuhi nanti.

Meski kedengarannya cukup menantang, namun sebenarnya yang paling penting bagi orangtua adalah konsistensi dan kesabaran untuk membentuk pribadi ceria pada Si Kecil demi masa depannya. Selamat mencoba!


3 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

top-margin:10px;