Mungkin sebagian orangtua sudah mengetahui akan sebuah fenomena dimana Si Kecil mengalami keterlambatan berbicara. Hal ini sering kita sebut dengan Speech Delay. Secara umum, Speech Delay merupakan keterlambatan bicara dan berkomunikasi sehingga tidak sesuai dengan usia perkembangan anak. Sayangnya, beberapa orangtua masih menganggap bahwa Speech Delay adalah kondisi normal, padahal keterlambatan bicara yang tidak ditangani dengan benar akan menjadi sebuah petanda gangguan serius pada anak.

Baca Juga: Mengapa Papa Harus Sering Menggendong Si Kecil?

Speech Delay pada anak adalah suatu gangguan yang sangat penting untuk kita pahami. Hal ini bukanlah sebuah vonis melainkan sebuah gejala yang perlu selalu kita amati. Sehingga, anak dengan Speech Delay perlu kita perhatikan selalu perkembangannya.

Jenis-jenis Speech Delay

  • Gangguan fungsional: gangguan ini tergolong ringan dan terjadi karena murni kurangnya stimulasi anak yang diberikan oleh orangtuanya
  • Gangguan non-fungsional: gangguan ini merupakan akibat dari gangguan bahasa reseptif seperti autisme maupun ADHD

Faktor penyebab Speech Delay

Ragam faktor yang dapat menjadi penyebab Si Kecil mengalami gangguan ini, antara lain:

  • Kurangnya interaksi dengan orangtua

Waktu yang selalu tersita menyebabkan jarangnya Si Kecil dan orangtuanya berinteraksi. Hal ini memiliki pengaruh besar karena stimulasi dari orang lain sangatlah ia butuhkan. Efek yang paling terasa adalah ragam kosakatanya yang sangat terbatas. Karena itu, seringlah manfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk berinteraksi dengan Si Kecil.

  • Terlalu banyak menggunakan gawai

Di era serba maju seperti saat ini, beberapa orangtua memilih untuk menenangkan Si Kecil dengan memberikannya gawai. Sayangnya, banyak orangtua juga tidak sadar bahwa kebiasaan menggunakan gawai ini akan membuatnya kesulitan mengembangkan kemampuan berbicaranya. Interaksi yang ia terima dari gawai hanya bersifat satu arah sehingga ia tidak akan membalas apa yang ia lihat sehingga ia terlatih menjadi pasif secara tidak langsung.

  • Adanya gangguan pendengaran

Si Kecil dengan gangguan pendengaran juga berpotensi mengalami masalah Speech Delay. Hal ini dapat kita pahami karena ia menjadi kesulitan untuk mendengar percakapan. Untuk mengetahuinya kita perlu untuk bertanya langsung pada Si Kecil tentang apa yang ia rasakan, lalu jika dirasa perlu segeralah untuk mendatangi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

  • Autisme pada anak

Autisme merupakan gangguan yang terjadi karena adanya keterlambatan maupun gangguan di sisi kognitif Si Kecil. Hal ini dapat merembet hingga perilaku, kemampuan Bahasa dan interaksi sosialnya. Orangtua perlu untuk sangat memperhatikan ini karena autism bukanlah hal sembarangan melainkan membutuhkan perhatian tinggi!

Baca Juga: Sembuh Total Dari Kanker Payudara Stadium Awal

Selain dampak utamanya yaitu sulit berkomunikasi, Speech Delay juga memiliki dampak bagi orangtua karena semakin sulit memahami kemauan Si Kecil. Lebih jauh, gangguan ini dapat memberi dampatk serius seperti gangguan mental saat ia dewasa kelak karena keterbatasan mereka dalam mengekspresikan yang mereka mau.

Nah semoga melalui pembahasan ini, orangtua dapat semakin sensitif pada setiap perkembangan Si Kecil, ya! -KJ

 


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

top-margin:10px;